nusakini.com - Manajer Arsenal, Arsene Wenger yakin bahwa generasi muda tim nasional Prancis akan menjadi kekuatan besar sepakbola internasional di masa depan.

Wenger berhasil membangun beberapa pemain kunci pada periode emas terakhir Prancis, termasuk Thierry Henry dan Patrick Vieira. Kedua pemain itu turut menjadi kunci saat Les Bleus melanjutkan kesuksesan di Piala Dunia 1998 dengan meraih trofi Euro 2000. 

Kapten mereka selama periode itu, Didier Deschamps, sekarang memimpin pasukan tim nasional Prancis untuk membangkitkan periode emas mereka, meski mereka baru saja menelan pil pahit saat kalah dari Portugal di final Euro 2016. 

Namun demikian, munculnya bakat-bakat muda seperti penyerang Monaco, Kylian Mbappe, membuat Deschamps memiliki skuat yang dalam dan penuh bakat, dan Wenger yakin itu bisa mendatangkan periode emas berikutnya untuk Les Blues. 

“Saya yakin, mungkin karena saya orang Prancis, tapi pada saat ini skuat terbaik di dunia ada di Prancis,” katanya kepada BeIN Sports menjelang pertandingan persahabatan negaranya melawan Spanyol di Stade de France.

“Ketika Anda berada di posisi Deschamps, maka itu adalah mimpi buruk, karena Anda harus memilih pertama 20 pemain terbaik dan kemudian memilih 11 pemain terbaik. Kekuatan besar yang akan datang bagi saya dalam sepak bola adalah Prancis. Anda menemukan kualitas pemain top di Prancis, seperti yang Anda temukan di skuat Brazil 20 tahun yang lalu,” tambahnya.

“Di setiap tempat, Anda dapat menemukan pemain yang bisa bermain untuk tim nasional. Anda melihat pemain seperti Tiemoue Bakayoko dan Alexandre Lacazette bahkan tidak dipilih untuk masuk ke tim nasional. Itu tidak terjadi 10 tahun yang lalu. Itulah mengapa saya berpikir bahwa Prancis memiliki potensi yang luar biasa dan mungkin bisa mengambil alih tempat teratas di dunia,” pungkas Wenger. (sb/om)